ITU PENANGKAL PETIR, BUNG! BUKAN, ITU KACANG BUNCIS

2:58 PM Ahid Arrusmani 1 Comments


Di dapur, saya pernah menyaksikan potongan sayuran yang saya masak dalam oven mengeluarkan bunga api layaknya petir. lalu dengan sigap saya matikan kotak aneh itu. Ok deh sepintas ini nampak mengasikkan dan juga mengerikan, bagaimanapun juga saya tidak mau berakhir dengan menghanguskan oven beserta seisi dapur. Tapi adakah penjelasan dari hal ini?

Tidak, jika yang anda maksudkan adalah penjelasan mistis dari kotak aneh Microwave Oven yang mengeluarkan bunga api, dan iya, jika yang anda maksudkan adalah penjelasan ilmiah. Oven sendiri pada dasarnya merupakan adaptasi dari seni klasik memasak dari manusia kuno sejak tujuh puluh ribu tahun silam yang sengaja membakar pondok-pondok berisi hewan ternak yang terkurung di dalamnya untuk menghasilkan cita rasa daging panggang yang lezat, barulah sampai pada awal abad 20 belakangan manusia menciptakan alat pembakaran tertutup yang disebut Oven.
Ok, kembali lagi ke permasalahan yang ada di dapur, beberapa hari kemudian saya coba mencari tau penyebab dari lonjakan bunga api  dalam buku panduan pengoperasian kotak aneh itu, tapi nampaknya tidak ada panduan yang mengatakan "jangan memasukkan potongan buncis dalam oven karna dapat menghanguskan isi dapur anda".
Barulah pencarian saya terhenti setelah beberapa saat teringat petuah (anggap saja demikian agar tidak nampak berbau sains ) pak tua Robert L. Wolke (seorang guru besar emeritus dan peneliti dalam kimia nuklir di University of Pittsburgh), pasalnya beliau dalam home experiment nya berkesimpulan bahwa "gelombang mikro (apapun insinyur elektro menyebutnya yang jelas terdapat dalam oven ketika dihidupkan ) membangkitkan arus listrik dalam logam, dan jika sebatang logam mempunyai ujung yang runcing, ia dapat bertindak layaknya penangkal petir”.
Eh tunggu, bung!, ini kan cuma irisan buncis, bukan sebatang logam, lalu apa yang membuatnya menjadi sehoboh itu? Benar, sepotong irisan sayuran manapun dalam bentuk bulat, pipih dan sejenisnya tidak akan mampu berperilaku seheboh itu, akan tetapi biasanya sayuran yang memanjang seperti buncis, wortel, lobak dan kawan-kawan mereka diiris-iris membentuk kubus atau kotak dengan ujung yang runcing. Dalam oven ujung runcing ini mengering dan hangus lebih cepat dari pada sayuran lain, selanjutnya unjung runcing yang mengandung karbon ini bertindak seperti ujung sebuah penangkal petir dengan memusatkan energi gelombang mikro yang begitu banyak dititik runcing itu sampai bisa mengirimkan lonjakan bunga api mirip petir (ingat,  ujung penghantar listrik yang tajam mengembangkan gradien medan listrik yang sangat terpusat kepadanya serta gelombang mikro mempunyai panjang gelombang yang lebih pendek dan energi yang lebih besar dari pada gelombang elektromagnetik lainnya seperti radio dan cahaya tampak).
Satu-satunya cara untuk menghindari aksi heboh dari sayuran yang anda masak dalam oven adalah menurunkan setelannya. Dalam oven canggih biasanya terdapat setelan defrost vegetablesi tapi jika oven anda tidak memilikinya cukup tambahkan air secukupnya untuk melindungi sayuran, air akan menyerap gelombang mikro dengan baik dari pada es dan bahan-bahan padat lainnya.Yang perlu anda camkan, jangan memasukkan benda runcing terlebih logam kedalam oven, pasalnya oven anda tidak cukup ramah untuk menjamunya.
Terakhir, konon dengan semangat yang menggebu-gebu, presiden Soekarno dalam pidato kenegaraannya pernah  mengatakan “beri aku 100 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia”, dengan raut muka antara geli dan meringis saya dengan senang hati mengatakan “beri aku 100 oven, maka akan kuhanguskan seluruh isi rumah anda”.

You Might Also Like

1 comment:

  1. Sangat menarik, baru tau saya, ijin copas ya gan

    ReplyDelete

Please fiil your comments here with polite words