STOIKIOMETRI KLASIK

3:27 PM Ahid Arrusmani 0 Comments

Sudah sejak ratusan tahun silam barangkali orang mengatakan "cintaku padamu sebanyak bintang di langit, sayang!", saya tahu itu omong kosong dan berlebihan, karna tak ada seorang sinting pun yang pernah berhasil membukukan sejarah dalam kategori 'menghitung bintang sekaligus menghitung omong kosong'. Kendatipun demikian sejujurnya saya berhasrat sekali untuk mengetahui jumlah sesuatu yang barangkali menurut orang awam bisa jadi berbau ketidakmungkinan. lebih tepatnya bisakah kita menghitung jumlah atom dalam hamparan pasir disuatu pantai?

Agak berlebihan sih!, tapi..

Asalkan anda mengetahui berat keseluruhan pasir disuatu pantai dan massa atom/molekul peyusun pasir, maka Julia Perez pun dengan suara beratnya yang khas akan melantunkan 'it's oke wae mas, it's oke wae'!.
Menghitung jumlah atom penyusun pasir di pantai sama sintingnya dengan menghitung jumlah bintang di langit, bisa jadi jumlahnya berzilion-zilion (zilion adalah jumlah yang sangat banyak dan sukar untuk dihitung, kendatipun demikian ia bukan tak terhingga). Terlebih lagi pekerjaan konyol anda ini tak mendatangkan manfaat bagi anda maupun umat manusia, terkecuali jika entah bagaimana ceritanya kalau tak ada manusia yang mampu menghitung jumlah atom dalam hamparan pasir di pantai, dunia akan kiamat, kabar baiknya dunia tak sekonyol yang anda pikirkan. Meskipun demikian asalkan tersedia teknologi dan pengetahuan yang mumpuni, maka dalam sains tak ada yang mustahil untuk dilakukan.
Bagi kita orang awam, persoalan hitung menghitung dalam skala atomic nampaknya mustahil dilakukan, akan tetapi tidak lagi ketika pak tua Johann Loschmidt - seorang ilmuan berkebangsaan Jerman - bersedia mengajarkannya kepada kita. Pasalnya beliau berhasil menghitung jumlah atom sebanyak 6x10^23 (sampai sekarang saya masih mencari equation symbol di blogger untuk perpangkatan) biji dalam 12 gram karbon, yang selanjutnya angka ini ditetapkan sebagai tetapan Avogadro (sebagian dari anda mungkin kurang familiar dengan istilah berbau sains, jadi cukup anggukkan kepala saja). Bagi anda yang masih penasaran dengan seberapa banyak nilai tetapan Avogadro ini, ada cara mudah untuk mengetahuinya: tambahkan angka nol sebanyak 23 digit di belakang angka 6. Ruaaaarbiasah, bukan?.
Untuk merealisasikan hasrat konyol anda, setidaknya ada tiga hal mendasar yang harus anda penuhi:
1. Tetapan Avogadro
Dalam hal ini anda tak terlalu dipusingkan olehnya, karna pak tua Johan Loschmidt sudah jauh-jauh hari mengajarkannya pada anda (lihat paragrap 4).
2. Massa molekul pasir
Perlu anda ketahui, segenggam pasir di pantai tersusun dari banyak mineral, akan tetapi kuarsa lah (silikon dioksida dengan rumus kimia SiO2)  yang tampil ngotot  sebagai mineral yang dominan. Selanjutnya demi memudahkan perhitungan anda, anggap saja mineral-mineral lain yang tersuspensi dalam pasir tidak ada, sehingga kini anda mempunyai angka 60,09 yang anda dapatkan dari rumus kimia kuarsa sebagai nilai massa molekul (anda pasti tidak mau tau menau soal perhitungannya, tapi jika anda tidak takut matematika, anda bisa lihat lampiran).
3. Berat keseluruhan pasir di suatu pantai
Sesungguhnya disinilah letak kekonyolannya, pasalnya menimbang berat keseluruhan pasir di suatu pantai sama konyolnya dengan mengumpulkan semua asap dan gas dari ledakan sebuah bom (salah satu produk manusia yang sukses menarik perhatian), kemudian menimbangnya, ada yang bisa?. Untuk menimbang berat keseluruhan pasir disuatu pantai anda tidak bisa serta-merta menyuruh satu persatu butiran pasir naik ke timbangan, terlebih akan tampak lebih konyol lagi bagi anda untuk mengeruk habis semua pasir di pantai tanpa satu butir pun yang lolos, kemudian menimbangnya, hal itu terlalu jauh diluar jangkauan kemampuan kita. Satu-satunya cara bagi anda adalah meniadakan error (mengabaikan sekawanan butir pasir yang diam-diam menyelinap keluar dari timbangan anda).
Selanjutnya, setelah anda memenuhi persyaratan-persyaratan di atas, anda bisa membagi berat keseluruhan pasir pantai yang sudah susah payah anda timbang dengan nilai massa molekul kuarsa di atas, kemudian hasilnya cukup anda kalikan dengan tetapan Avogadro, sesunggunya itu lah satu-satunya cara yang paling masuk akal untuk menghitung jumlah atom dalam hamparan pasir di pantai. Meskipun merepotkan, tapi begitulah sains!.
Pekerjaan menghitung atom dalam pasir di pantai ibarat seorang pawang ular yang sedang mengerahkan segenap kemampuannya untuk mem-pawangi hujan. Jadi, selamat mencoba!.


LAMPIRAN:
Berdasarkan tabel periodik unsur (semacam tabel dengan kotak-kotak warna-warni yang dibuat oleh orang kimia, yang konon berisi seluruh material penyusun alam semesta), silikon dengan lambang Si mempunyai massa atom sebesar 28,09, sedangkan oksigen dengan lambang O mempunyai massa atom sebesar 16, sehingga sesuai rumus kimia kuarsa didapatkan perhitungan sebagai berikut:
Massa molekul (Mr) SiO2 = massa 1 atom silikon +  massa 2 atom oksigen
                                                    = 28,09 + (2 x 16)
                                                    =60,09

You Might Also Like

0 comments:

Please fiil your comments here with polite words